Pengertian Piramida Energi Dan Biomassa


Pengertian Piramida Energi Dan Biomassa, Sedikit ketidakseimbangan dalam ekosistem mungkin berbahaya, dan dapat memberi dampak buruk pada semua makhluk hidup. Piramida biomassa dan energi membantu kita untuk mengetahui, jika ada ketidakseimbangan ekosistem.
Piramida biomassa dan energi adalah representasi yang berhubungan dengan pergerakan biomassa dan energi, masing-masing, melalui ekosistem.

Piramid Biomassa dan Energi

Kedua piramida maksimum di dasar, dan mereka terus menurun saat tingkat bergerak ke atas menuju puncak. Hal ini didasarkan pada hukum termodinamika, yang mengatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan; itu hanya bisa ditransfer dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
Ekosistemnya terdiri dari organisme atau tingkat trofik yang berbeda, seperti produsen atau tanaman, konsumen primer - hewan yang memakan tanaman, konsumen sekunder - hewan yang makan yang utama, hewan tersier  mencakup semua hewan yang mengkonsumsi konsumen sekunder, dan yang terakhir adalah dekomposer.

Pengertian Biomass Piramid

Ada dua jenis representasi ini : yaitu, terbalik dan tegak. Piramid ini pada dasarnya menunjukkan hubungan antara biomassa dan tingkat trofik. Sebuah piramida biomassa dapat diukur dalam kalori per meter persegi, atau gram per meter persegi.
Pada dasarnya menunjukkan produktivitas atau biomassa pada setiap tingkat trofik. Piramida biomassa terdiri dari empat tingkat dasar, yaitu: produsen primer, konsumen primer, konsumen sekunder, dan konsumen tersier.
Pengertian Piramida Energi
Representasi ini terbagi menjadi tiga tingkatan  : produsen yang berada di pangkalan, herbivora yang ditempatkan di atas produsen, dan karnivora yang berada di puncak piramida. Piramida energi itu sehat, jika ekosistem atau lingkungannya sehat, yaitu jika ada produsen dalam jumlah besar, herbivora dalam kadar sedang, dan karnivora dalam jumlah kecil. Ada piramida energi yang berbeda untuk makhluk air, amfibi, reptil, mamalia, dll.

Perbedaan Piramida Biomassa dan Energi

Piramida Energi  - Piramida Biomassa
Bisa ada piramida biomassa terbalik - Sebuah piramida energi terbalik tidak ada.
Organisme dapat dengan mudah ditugaskan ke tingkat trofik tertentu di piramida ini -  Penugasan makhluk ke tingkat tertentu di piramida ini sulit dilakukan.
Menunjukkan representasi grafis dari jumlah relatif biomassa pada setiap tingkat trofik -  Ini adalah representasi grafis dari tingkat trofik, dimana energi matahari yang masuk dialihkan ke ekosistem.
Mengungkapkan berat kering total organisme yang ada di tingkat trofis - menunjukkan total aliran energi di ekosistem.
Piramida energi menunjukkan aliran energi dalam tingkat yang berbeda dari piramida, dengan tingkat yang lebih rendah memiliki lebih banyak energi. Jika kita melestarikan lingkungan kita, keseimbangan yang sempurna dapat terjaga antara kedua piramida tersebut.
Kesimpulannya adalah : bahwa di dalam piramida biomassa, dalam kasus produsen, biomassa menurun secara progresif dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi, sedangkan dalam kasus hewan air, hal itu dibalikkan bergantung pada reproduksi dan umur panjangnya.

Comments