Penjelasan Ilmiah Penyebab Petir


Penjelasan Ilmiah Penyebab Petir  Fenomena ini terjadi saat gelombang cahaya bergerak jauh lebih cepat daripada gelombang suara. Untuk memahami penyebab guntur, kita perlu tahu tentang kilat terlebih dahulu. Baik! Petir adalah listrik yang habis saat terjadi badai petir.
Guntur adalah suara yang dihasilkan karena petir. Kilatan petir dan guntur yang menyertainya terjadi sekitar waktu yang sama. Meskipun demikian, kita semua sadar bahwa petir terlihat lebih dulu, diikuti oleh suara guntur setelah beberapa detik.
Berdasarkan sifat petir, ada berbagai jenis, seperti petir di awan, petir dari darat ke darat, petir awan ke awan, petir petir, petir petir, petir pita, petir bola dan baut dari biru.
Petir disebabkan karena penumpukan dan pelepasan energi listrik di awan petir, yang rata-rata sekitar 15.000 sampai 25.000 kaki di atas permukaan laut. Petir biasanya terjadi di dalam awan, antara awan dan udara atau antara tanah dan awan.

Penyebab Petir

Banyak teori telah dibahas tentang sebab dan penciptaan guntur. Pada abad ketiga SM, diyakini bahwa guntur disebabkan karena benturan awan. Namun, teori yang paling diterima dikandung di abad ke-20. Menurut teori ini, petir menyebabkan bunyi guntur.
Kilatan petir yang terdiri dari aliran elektron sangat panas, jauh lebih panas dari permukaan matahari. Diperkirakan baut memiliki suhu 30.000 sampai 50.000 ° F (yaitu 28.000 ° C).
Saat suhu tinggi menyentuh udara di sekitarnya, kenaikan suhu mendadak terjadi. Ini membawa perluasan udara panas dengan cepat ke arah luar. Setelah ini, tekanan tinggi jelas karena kompresi udara panas.
Ekspansi udara terkompresi yang cepat kemudian mengirimkan gelombang kejut atau getaran, yang kita dengar sebagai suara ledakan. Singkatnya, guntur disebabkan karena pemanasan dan pendinginan udara yang cepat, di dekat titik sambaran petir. Intensitas suara petir bervariasi, tergantung pada sifat petir dan jarak pendengar dari asal suara.
Suara gemuruh adalah karena gema, terjadi karena pantulan gelombang suara dari bangunan, pepohonan dan lereng bukit.

Menyebabkan guntur Bahaya Petir

Peringatan adalah, badai petir bisa berbahaya, tergantung dari seberapa dekat kita dari sengatan petir. Jika suara guntur sangat nyaring, bisa melukai telinga kita dan menyebabkan luka dalam
Gemuruh diciptakan oleh petir. Beberapa kasus petir mungkin tidak disertai guntur. Ada kejadian, dimana petir terjadi tanpa suara yang menyertainya. Alasannya mungkin jaraknya lebih jauh dari petir (lebih dari 15 mil).
.Jika Anda berada di luar saat terjadi badai petir, disarankan untuk menghindari padang terbuka, pantai dan danau, dan juga jauh dari pohon tinggi. Cara teraman adalah masuk ke dalam rumah Anda atau tetap di mobil. tidak menyentuh logam, karena ini adalah konduktor listrik yang baik.



Comments